• Home
  • Berita Pilihan

LPJK Bekerja Sama Dengan BNSP Untuk Format Elektronik Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi.

LPJK Bekerja Sama Dengan BNSP Untuk Format Elektronik Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi.

JakartaMengacu pada PP No. 10 Tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi No : 03/BNSP.302/X2013 tentang pedoman penerbitan Sertifikat Kompetensi, pada tanggal 27 Oktober 2021 yang berlokasi di gedung Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), LPJK bekerja sama dengan BNSP sepakat menandatangani format elektronik Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi.

Dalam paparannya Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat menyampaikan, “Agenda ini didasari atas kepedulian dan tanggung jawab kita bersama dalam rangka menyepakati program – program sertifikasi yang telah dirancang khususnya dibidang jasa konstruksi. Dengan adanya format sertifikasi yang baru ini diharapkan semua proses pengakhiran masa transisi dapat berjalan dengan lancar dan cepat, selain itu format ini diharapkan juga dapat menjadi suatu sistem yang baik dan dapat menghadirkan SDM yang berkualitas untuk kedepannya khususnya dibidang jasa konstruksi”.

Tanggapan lainnya juga diberikan oleh ketua LPJK Taufik Widjoyono,”Ini adalah suatu hal yang luar biasa buat kami, karena setelah melakukan diskusi panjang dengan berbagai tahap akhirnya LPJK dan BNSP sampai di tahap ini untuk menyepakati satu format Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi. Hal ini akan menjadi bagian dari pengakuan kompetensi dan sertifikasi dengan format yang baru. Undang-undang jasa konstruksi sudah berjalan hampir 20 tahun, namun tenaga kerja yang bersertifikasi masih kurang dari 10%. Oleh karena itulah kolaborasi LPJK dan BNSP harus tetap terjaga untuk mengembangkan SDM yang berkualitas dan tentunya bersertifikat”.

Selama masa transisi hingga tanggal 27 Oktober 2021 telah diterbitkan 18.101 Sertifikasi Keahlian (SKA) dan 43.464 Sertifikasi Keterampilan. Saat ini proses sertifikasi masih dilaksanakan oleh LPJK, namun kedepannya proses layanan Sertifikasi Kompetensi Kerja ini akan dilaksanakan oleh LSP yang terintegrasi dengan OSS. 

Proses pelaksanaan sertifikasi dan registrasi Tenaga Kerja Konstruksi dilaksanakan melalui laman https://siki.lpjk.net/, namun sebelum masuk ke laman tersebut pemohon diwajibkan mengunduh formulir serta persyaratan sertifikasinya melalui situs resmi LPJK www.lpjk.net. Dengan adanya  penandatanganan bentuk sertifikat elektronik SKK oleh BNSP dan LPJK ini, maka tahap pengakhiran masa transisi sudah semakin dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami