• Home
  • Berita Pilihan

Jakarta – Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan (UPH) menyelenggarakan kegiatan Webinar INERTIA 2021 secara daring, pada Sabtu (26/06/2021). Dengan diselenggarakannya kegiatan INERTIA 2021, UPH mengundang perwakilan dari LPJK sebagai mitra Pemerintah sekaligus narasumber yaitu Bapak Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc. dan Prof. Dr. Manlian Ronald Adventus Simanjuntak, ST., MT., D.Min. Acara kegiatan INERTIA 2021 merupakan sebuah acara yang bertujuan untuk menambah serta memperluas pengetahuan tentang peran Teknik Sipil dalam industri Jasa dan Usaha Sektor Konstruksi di Indonesia.

Ketua LPJK bapak Taufik Widjoyono mengatakan, Piramida Konstruksi terbagi menjadi 4 bagian yaitu Sektor Konstruksi, Industri Konstruksi, Jasa Konstruksi, dan Proyek. “Industri Konstruksi yang tangguh, produktif, efisien dan berkelanjutan memerlukan upaya bersama dari para pemangku kepentingan sesuai dengan perannya serta infrastruktur yang handal membutuhkan konstruksi yang berkualitas”, pungkas bapak Taufik.
Peran Jasa Konstruksi dalam membangun infrastruktur sangat menentukan untuk pertumbuhan ekonomi , stok infrastruktur saat ini sebesar 43% GDP dibandingkan standar global yaitu 70% yang menghambat daya saing nasional. Peningkatan stok infrastruktur terhadap GDP tidak dapat dicapai tanpa kolaborasi berbagai pihak yang mempengaruhi Pengembagan Jasa Konstruksi. Dalam hal ini peran dari LPJK sebagai pengantar dan mempercepat pengembangan SDM Jasa Konstruksi agar mencapai standar global 70% GDP Infrastruktur pada tahun 2045.

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Manlian menyampaikan bahwa peran LPJK dalam mendukung Pengembangan Jasa dan Usaha Sektor Konstruksi di Indonesia adalah “meningkatkan kinerja penyelenggaraan konstruksi di Indonesia, meningkatkan implementasi Sistem Rantai Pasok yang berkualitas, dan meningkatkan implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan”, ujar Prof. Dr. Manlian
Selain mendukung Pengembangan Jasa dan Usaha Sektor Konstruksi di Indonesia, LPJK yang berada langsung dibawah naungan Kementerian PUPR memiliki tugas dan fungsi diantaranya akan membentuk LSP dan LSBU untuk melakukan proses layanan Sertifikasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami