Jakarta – LPJK melakukan Forum Group Discussion (FGD) terkait Persiapan Recognition Current Competency/RCC Penilai Ahli pada Senin (28/06/2021) yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting. Acara FGD ini dibuka oleh Ketua LPJK Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc.. dan dihadiri Pengurus LPJK lainnya dan Sekretariat LPJK; Sesditjen Bina Konstruksi beserta Direktur Keberlanjutan Konstruksi, Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, dan Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi; Pejabat Fungsional Pembina Jasa Konstruksi; perwakilan BPSDM PUPR; dan para Praktisi terkait Penilai Ahli dan Kegagalan Bangunan.

Agenda acara FGD ini dibagi dalam dua sesi, pagi dan siang. Pada sesi pagi diantaranya pemaparan oleh Direktur Keberlanjutan Konstruksi Ir. Kimron Manik, M. Sc. tentang Permen PUPR no 8 tahun 2021 yang membahas penilai ahli dan kegagalan bangunan. Selanjutnya pemaparan dilanjutkan oleh Pengurus LPJK Bidang III Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, ST., MT., IPU., ASEAN Eng. yang memberi materi tentang pengakuan penilai ahli yang sudah tercatat di SIKI melalui RCC. Saat ini tercatat di SIKI ada 81 orang penilai ahli dimana yang masih aktif saat ini 79 orang. Selain pengakuan penilai ahli yang sudah tercatat juga membahas tentang rekrutmen penilai ahli sesuai Permen PUPR no 8 tahun 2021.

Dalam sesi siang acara dilanjutkan dengan paparan oleh praktisi sekaligus akademisi Prof. Ir. Bambang Suhendro, M.Sc., Ph.D membahas tentang “Forensic Engineeering dan Tolok Ukur Kegagalan Bangunan”. Serta paparan dari perwakilan BPSDM PUPR tentang “Modul Pelatihan Penilai Ahli dan Penilaian Kegagalan Bangunan”.
Acara ini ditutup dengan kesimpulan dari Ketua LPJK. Diharapkan dari FGD ini ada masukan dari para praktisi terkait penilai ahli dan juga kegagalan bangunan untuk dapat menjadi kebijakan di LPJK dan Kementerian PUPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami