• Home
  • Berita Utama

Jakarta – Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Pedoman dan Aplikasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Batch 3 pada Kamis (9/09/2021). FGD ini dihadiri Jajaran Pimpinan Tinggi Direktorat yang ada di Dirjen Bina Konstruksi; Ketua beserta pengurus LPJK lainnya; Asosiasi non terakreditasi baik Profesi, Badan Usaha, dan Rantai Pasok; dan juga BUMN. Tujuan dari diadakannya FGD ini untuk memperkenalkan program PKB sebagai syarat perpanjang SKA dan mendorong Asosiasi dapat terakreditasi.

Acara dibuka oleh Ir. Nicodemus Daud, M.Si. selaku Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi mewakili Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya seluruh Asosiasi yang mengikuti FGD ini menyampaikan informasi yang diterima sampai ke pengurus yang ada di daerah.

Selanjutnya pada acara inti materi disampaikan secara bergantian oleh Ir. Siwi Subekti, M.T., selaku Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi Jasa Konstruksi, Nofa Fatkhur Rakhman, S. A. P., sebagai Ketua Tim Penyelenggara PKB, Teguh Susanto, ST selaku programmer aplikasi PKB, Prof. Dr. Manlian Ronald Adventus Simanjuntak, S.T., M.T., D.Min. selaku Pengurus LPJK Bidang V, dan juga perwakilan dari PUSDATIN PUPR.
Kesimpulan yang didapat dari FGD ini sebagaimana disampakan Prof. Manlian antara lain urgensi pelaksanaan PKB oleh para tenaga ahli dan juga persyaratan Akreditasi Asosiasi, bagaimana aplikasi ini terintegrasi dengan sistem yang ada di Kementerian PUPR dan juga keamanan dari aplikasi ini.

FGD ditutup oleh Ketua LPJK Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc. Beliau menyampaikan bahwa PKB penting untuk memelihara kompetensi dari para tenaga ahli, seperti yang beliau katakan lebih sulit mempertahankan kompetensi dari pada membuat baru SKK. Setelah melalui rangkaian acara FGD Batch 1 (28 Juli 2021), Batch 2 (19 Agustus 2021), dan Batch 3 (9 September 2021) mendatang LPJK akan mengadakan launching untuk aplikasi PKB yang baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami