• Home
  • Berita Utama

Jakarta – Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Batch 2 sehubungan dengan akan diterbitkannya Pedoman Verifikasi, Validasi, dan Penilaian Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Kamis (20/8/2021). FGD ini dihadiri Sesditjen Bina Konstruksi Dewi Chomistriana, ST., M.Sc.; beserta jajaran Pimpinan Tinggi Direktorat yang ada di Dirjen Bina Konstruksi; Ketua LPJK Ir. Taufik Widjoyono, M.Sc. beserta pengurus LPJK lainnya; perwakilan seluruh Balai Jasa Konstruksi Wilayah yang ada di Indonesia dan juga 12 Asosiasi Badan Usaha Terakreditasi (ABUT). Tujuan dari diadakannya FGD ini untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat jasa konstruksi terhadap Pedoman Verifikasi, Validasi, dan Penilaian PKB.

Acara dibuka oleh Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng, IPU selaku Pengurus Bidang VI LPJK. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya PKB sebagai salah satu syarat akreditasi bagi Asosiasi. Dalam FGD kali ini sistem aplikasi PKB yang sedang dikembangkan diperkenalkan sekilas dalam paparan oleh Tim IT dan Tim developer pengembangan aplikasi ini.

FGD ditutup dengan kesimpulan dari Prof. Dr. Manlian Ronald Adventus Simanjuntak, ST., MT., D.Min. selaku pengurus Bidang V LPJK antara lain urgensi PKB adalah untuk mengoptimalkan terlebih dulu kuantitas kemudian kualitas dari tenaga kerja konstruksi yang melaksanakan PKB. Poin penting lainnya adalah aplikasi PKB ini dapat mendorong dan memberi ruang yang cukup besar bagi semua pihak untuk terlibat, Selain itu aplikasi ini dapat digunakan semua pihak dan terintegritas di Kementerian PUPR. Dalam kesimpulan yang juga beliau sampaikan tenaga ahli wajib menjadi anggota Asosiasi serta Asosiasi wajib didaftarkan di LPJK dan wajib untuk diakreditasi. Dan poin kesimpulan terakhir juga disampaikan adanya transformasi digital Kementerian PUPR termasuk seluruh aplikasi LPJK yang bertujuan untuk melayani masyarakat secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami