• Home
  • Berita Pilihan

Jakarta – Sebagai Lembaga Nonstruktural di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) saat ini merupakan suatu badan publik. Sebagaimana yang tertera pada UU No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, badan publik wajib memberikan pelayanan publik yang salah satu bentuk penyelenggaraannya adalah pengelolaan informasi. Dalam rangka pemenuhan amanat tersebut, LPJK membuat satu program khusus melalui redesain proses bisnis layanan informasi dan komunikasi publik yaitu, Sistem Pengelolaan Komunikasi Informasi LPJK Terpadu dan Utama, yang disingkat sebagai SPEKTRUM.

Untuk mewujudkan layanan informasi dan komunikasi publik yang baik, SPEKTRUM memiliki visi yakni terwujudnya informasi yang transparan, akuntabel, dan aksesibel melalui pelayanan secara responsif dan komunikatif.

Sementara untuk misinya terdiri dari 4 (empat) elemen yang diantaranya, membangun dan mengembangkan Sistem Pengelolaan Komunikasi Informasi LPJK Terpadu dan Utama (SPEKTRUM), meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM dalam bidang pelayanan informasi dan komunikasi, menyediakan infrastruktur pelayanan informasi yang memadai, yang terakhir adalah melayani permohonan informasi LPJK dengan proses yang cepat, tepat, mudah, dan sederhana.

Dalam fungsinya SPEKTRUM memiliki 2 (dua) kunci strategi penting,

Pertama ; Smart Communication yang diimplementasikan dalam Program MERAH: Manajemen Komunikasi Terarah yang memiliki 5 (lima) fitur yang terdiri dari

  1. Lapor Bapak (portal pengaduan masyarakat selaku pengawas jasa konstruksi)
  2. Pojok Diskusi (media konsultasi/diskusi terintegrasi secara berkala untuk masyarakat berdiskusi dan memberikan masukan)
  3. Bantuan (hotline assistant yang menjadi panduan masyarakat dalam menggunakan layanan LPJK)
  4. PPID (pengelolaan dan penyampaian dokumen serta informasi yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat undang-undang tentang keterbukaan informasi publik)
  5. Media Sosial (sosial media sebagai sarana komunikasi untuk menjangkau seluruh masyarakat jasa konstruksi)

Kedua ; Smart Information yang diimplementasikan dalam Program BIRU: Berita dan Informasi Utama yang memiliki 4 (empat) fitur yang terdiri dari

  1. Notifikasi Layanan (penelusuran dan informasi permohonan layanan yang terintegrasi secara otomatis dan digital)
  2. Portal Berita (artikel berita utama sektor jasa konstruksi maupun kegiatan kinerja layanan LPJK)
  3. Bank Data (kumpulan data/informasi statistik berkaitan dengan sektor jasa konstruksi)
  4. Jurnalisme Warga (berita dan informasi yang disampaikan dari masyarakat jasa konstruksi).

Fitur – fitur yang terdapat pada Program SPEKTRUM dapat diakses melalui halaman website lpjk.pu.go.id. Selain itu, informasi – informasi terkait LPJK juga dapat dilihat pada media sosial LPJK yaitu:

Demi tercapainya pelayanan informasi dan komunikasi publik yang optimal melalui Program SPEKTRUM, LPJK akan terus berupaya melakukan pengkajian secara mendalam bersama dengan unit-unit kerja yang terlibat, khususnya dalam hal pembaharuan website, sosial media, dan mengidentifikasi seluruh kebutuhan informasi para masyarakat jasa konstruksi. Mendatang direncanakan SPEKTRUM akan melakukan launching di akhir Bulan Oktober.

Dengan adanya Program SPEKTRUM, diharapkan LPJK dapat memberikan layanan informasi yang lebih aktual, responsif, dan informatif. Dengan begitu masyarakat jasa konstruksi dapat mengakses informasi – informasi terkait dengan kinerja dan pelayanan LPJK serta informasi terkait jasa konstruksi secara lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami