• Home
  • Berita Pilihan

Jakarta – Dalam menindaklanjuti permintaan audiensi LSP ASTEKINDO, LSP GATAKI, dan LSP PETAKINDO. Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) menerima acara audiensi yang diselenggarakan pada Jumat, 10 September 2021 secara online melalui video conference via zoom meeting. Audiensi tersebut dihadiri oleh perwakilan Direketorat Jendral Bina Konstruksi, Pengurus LPJK, Sekretariat LPJK, dan Tim IT.

Dalam progress LSP dan upaya pengakhiran masa transisi, sudah diikuti oleh 12 LSP yang masih berproses di BNSP, total keseluruhan rekomendasi lisensi yang sudah diberikan LPJK sejumlah 15 LSP dan informasi keseluruhan untuk pemohon LSP sejumlah 20. LPJK telah melahirkan rekomendasi untuk 3 LSP yaitu ASTEKINDO, GATAKI, dan PETAKINDO. ASTEKINDO mewadahi untuk klasifikasi Sipil, PETAKINDO mewadahi klasifikasi Mekanikal, dan GATAKI mewadahi klasifikasi Manajamen Pelaksanaan.

Setelah LSP yang sudah terlisensi BNSP maka tugas LPJK selanjutnya melakukan registrasi LSP dan juga meregistrasi kepada Tenaga Kerja Konstruksi yang sudah mendapatkan Sertifikasi. Tentunya saat ini sudah tidak bisa menggunakan dengan manual melainkan sudah berbasis sistem. Sistem tersebut tentunya tidak bisa berdiri sendiri, karena LPJK saat ini mempunyai sistem SIKI yang sedang dalam proses untuk dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan baru. Sementara ini LSP juga perlu mengembangkan sistem, maka dari itu perlu adanya singkronisasi, tentunya agar dapat menyesuaikan data-data yang dapat disepakati secara bersama.

Dalam diskusi sore ini dibahas juga tentang Application Programming Interface (API). API akan diberikan oleh PUSDATIN PUPR kepada 3 LSP yaitu ASTEKINDO, GATAKI, dan PETAKINDO. Aplikasi ini ditujukan untuk Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi pemegang SKK yang nantinya terintegrasi dengan SIKI LPJK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami