• Home
  • Berita Pilihan

Jakarta – Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) sebagai Lembaga nonstruktural di bawah Menteri PUPR memiliki tugas untuk menyelenggarakan sebagian kewenangan Pemerintah Pusat, salah satunya dalam meningkatkan partisipasi aktif masyarakat jasa konstruksi di bidang pengawasan dan penyelenggaraan jasa konstruksi. Untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi LPJK secara utuh, dibutuhkan transformasi branding LPJK menjadi Lembaga yang mengembangkan dan melayani masyarakat jasa konstruksi melalui redesain proses bisnis layanan informasi dan komunikasi publik dengan merancang inovasi Sistem Pengelolaan Komunikasi Informasi Terpadu dan Utama atau dapat disingkat dengan SPEKTRUM.

Dirancangnya inovasi tersebut adalah untuk mewujudkan layanan informasi yang transparan, akuntabel, dan aksesibel melalui pelayanan secara responsif dan komunikatif, dengan mengembangkan instrumen inovasi Smart Information dan Smart Communication. Smart Information diimplementasikan ke dalam kategori Berita & Informasi Utama (BIRU) dengan memiliki 5 (lima) fitur instrumen seperti: Portal Berita, Notifikasi Layanan, Bank Data, Citizen Journalism, dan Pejabat Pengelola Data dan Informasi (PPID) sedangkan Smart Communication dapat diimplementasikan ke dalam kategori Manajemen Komunikasi Terarah (MERAH) dengan memiliki 4 (empat) fitur instrumen seperti: Lapor Bapak, Pojok Diskusi, Bantuan, dan Aktivasi Sosial Media.

Dalam kegiatan workshop SPEKTRUM yang diselenggarakan oleh LPJK pada Selasa, 10 Agustus 2021 secara online melalui video conference via Zoom Meeting. Acara workshop ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari stakeholders diantaranya: Pengurus LPJK dan Sekertariat LPJK, Asosiasi Profesi (INKINDO, GAPENSI, ASTEKINDO, HPJI, AKI, GAPENRI), Asosiasi Badan Usaha (PT. Wijaya Karya, PT. Virama Karya), Pakar Jasa Konstruksi, dan Pakar Komunikasi Publik. Tujuan diselenggarakannya workshop SPEKTRUM ini untuk memperoleh masukan dan saran dalam bentuk konsep/ide rancangan dari peserta workshop yang berkompeten dalam pelayanan informasi & komunikasi publik, sesuai dengan analisa case study atau praktik konkrit sehingga dapat diperoleh pemecahan solusi spesifik terhadap permasalahan yang dihadapi dalam perancangan website, sosial media, dan daftar kebutuhan informasi lainnya.

Sebagai upaya dalam melaksanakan perancangan SPEKTRUM, salah satu langkah yang diperlukan yakni melakukan pengkajian mendalam diantaranya pembaharuan website dan sosial media serta identifikasi kebutuhan informasi untuk setiap stakeholders. Mendatang agar layanan informasi LPJK menjadi lebih aktual, responsif, dan informatif. Dengan begitu masyarakat jasa konstruksi dapat mudah mengakses informasi dan mendapat kepastian informasi sehubungan dengan sertifikasi dan layanan yang berhubungan dengan LPJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami