• Home
  • Berita Utama

Memperingati Hari Bakti PUPR ke-76, Insan PUPR Tetap Sigap Membangun Negeri

Memperingati Hari Bakti PUPR ke-76, Insan PUPR Tetap Sigap Membangun Negeri

JakartaMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan Kementerian PUPR dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia.

“Saya mengingatkan pada kita semua untuk terus memberikan kontribusi agar kita dapat segera keluar dari pandemi dan ekonomi Indonesia dapat pulih kembali,” kata Menteri Basuki dalam sambutannya pada upacara memperingati Hari Bakti (Harbak) PU ke-76 di kantor Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Puncak peringatan Harbak PU yang bertema “76 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri” ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19 ketat. Bertindak sebagai komandan upacara Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana dan dihadiri oleh para pejabat tinggi madya dan pratama serta pegawai Kementerian PUPR.

Lebih lanjut Menteri Basuki mengatakan, di masa yang tidak mudah ini kita patut bersyukur bahwa kita tetap dapat menyelesaikan tugas – tugas yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR. Pada tahun 2021 ini, Kementerian PUPR telah berhasil menyelesaikan pembangunan 15 bendungan dimana 11 diantaranya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Bendungan tersebut antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe. Bendungan dengan ragam fungsi yang banyak (multi fungsi) seperti untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit energi harus dapat dimanfaatkan secara optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Basuki mengatakan, hingga November 2021 kita telah menuntaskan pembangunan dan mengoperasikan 101 km jalan tol dari target 190 km. InsyaAllah di akhir 2021 target tersebut bisa kita capai. Dengan demikian total panjang jalan tol operasional di Indonesia hingga akhir 2021 menjadi 2.529 km. Beberapa ruas tol yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 1, Balikpapan – Samarinda Seksi 1 & 5, dan Semanan – Pulo Gebang Seksi A.

“Kita juga meneruskan pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT. Dari total panjang perbatasan 3.628 km, akan tersambung jalan sepanjang 3.404 km di akhir 2021. Diharapkan jalan perbatasan dapat tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024,” terang Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan, dalam mendukung pengembangan 5 (lima) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, telah dilakukan pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Penataan Kawasan Borobudur, Penataan Kawasan Labuan Bajo dan Penataan Kawasan Mandalika sebagai dukungan penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) 2021 beberapa waktu lalu.

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan tugas khusus pembangunan prasarana sarana olahraga mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Provinsi Papua.

Kontribusi Kementerian PUPR dalam mendorong perekonomian masyarakat yang terpuruk pasca pandemi COVID – 19 dilakukan melalui penmbengunan infrastruktur dengan pola Padat Karya Tunai (PKT). “Program PKT Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp 23,2 Triliun juga telah dilaksanakan hingga pelosok tanah air untuk membantu membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang yang membutuhkan,” tegas Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan, memasuki tahun 2022, amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada Kementerian PUPR semakin besar,”Kita perlu terus merapatkan barisan dan meningkatkan kekompakan dalam melaksanakan tugas-tugas baru yang kita emban. Persiapan KTT G-20 di Bali, penataan Kawasan Mandalika menyongsong Moto GP 2022, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan pembangunan Papua Youth Creative Hub di Papua harus kita laksankanan dengan sebaik-baiknya,” kata Menteri Basuki.

“Saya ingin mengutip pesan Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) pada Hari Bakti ke-76 PU, bahwa ke depan kita harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas, smart dan ramah lingkungan. Menciptakan konektivitas untuk membuka akses dan meningkatkan keterhubungan antar wilayah, keterhubungan antar daerah, dan meningkatkan efisiensi serta meningkatkan produktivitas untuk mewujudkan Indonesia Maju,” tambah Menteri Basuki.

Menteri Basuki menekankan, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur ke depan. Pertama, kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan, karena tuntutan dan harapan publik yang semakin tinggi dan besar terhadap Kementerian PUPR. Kedua, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastructure.

Selanjutnya Ketiga, dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur kita harus senantiasa bekerja sesuai dengan Corporate Culture yang telah ditanamkan oleh para senior PUPR, yaitu Bekerja Keras, Bergerak Cepat, dan Bertindak Tepat dalam satu team work yang solid.

Selain Corporate Culture tersebut, kita juga terus mengimplementasikan Nilai iProve yang meliputi Integritas, Profesional, berOrientasi pada Misi, Visioner, dan berEtika akhlakul karimah. Hal ini sejalan dengan Core Values ASN Ber-AKHLAK yaitu, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, serta khusus untuk Insan PUPR saya ingin kita semua memiliki sifat yang kuat, berani, berjiwa seni dan berakhlakul karimah.

Tahukah Anda mengapa 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti PU?

Dalam perjalananya, Hari Bakti PU 2021 mempunyai cerita sejarah yang cukup panjang. Peristiwa ini tidak lepas dari 21 orang pejuang yang gugur melawan pasukan Inggris di Gedung Sate, Bandung. Dari 21 orang tersebut beberapa diantaranya adalah pemuda pegawai Departemen PU, yang kemudian memberikan perlawanan sengit selama kurun waktu 3 jam.

Namun sayangnya bangsa Indonesai kalah dalam pertempuran itu, dan Gedung Sate pun berhasil dikuasai oleh Tentara Inggris. Untuk mengenang para jasa pahlawan tersebut, sampai hari ini Hari Bakti PU masih diperingati, bahkan di depan Gedung Sate, Bandung terdapat monumen batu yang mengisahkan pertempurannya dan nama-nama pejuang pun tertulis jelas dalam monumen tersebut.

 

 

 

 

Sumber: Mitrapol.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami