• Home
  • Berita Utama

Jakarta – Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 untuk mewujudkan reformasi tata cara sertifikasi badan usaha dan tenaga kerja, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk mempersiapkan operasional Pantia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) Asesor Badan Usaha Jasa Konstruksi.

Bedasarkan Pedoman BNSP tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi oleh Panita Teknis, PTUK memiliki 13 Tugas yang salah satunya adalah mempersiapkan Materi Uji Kompetensi (MUK). Materi Uji Kompetensi (MUK) yang telah dipersiapkan, akan diuji coba terlebih dahulu kepada calon Asesor ABU. Kegiatan uji coba MUK ini diselenggarakan pada hari Senin, 27 September 2021 secara Hybrid di kantor PTUK ABU, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kegiatan acara ini dihadiri oleh beberapa stakeholders yaitu Ketua BNSP, Kepala Sub Direktorat Kelembagaan, Material, Peralatan, dan Usaha Jasa Konstruksi, Sekretaris dan Kepala Bagian Administrasi LPJK, dan yang terakhir Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta.
Acara dibuka pada pukul 09.30 WIB oleh Koordinator Bidang II LPJK Periode 2021-2024 Bapak Agus Gendroyono, ST.,MT dalam hal ini beliau selaku Ketua Pelaksana PTUK ABU memberikan sambutan sekaligus pembukaan bersama dengan Komisioner BNSP Ibu Tetty Ds. Ariyanto. Acara selanjutnya dilanjuti dengan proses tahapan uji coba MUK seperti Pre Assessment, Assessment Portofolio, Melakukan Wawancara, Membuat Berita Acara, dan Penetapan oleh Tim Teknis.

MUK memiliki acuan yang digunakan dalam melaksanakan uji kompetensi yang disusun berdasarkan SKKNI atau standar Internasional atau standar khusus yang telah diverifikasi oleh BNSP. Selain itu bagi peserta uji kompetensi (Asesi) pemohon uji kompetensi yang memiliki latar belakang pendidikan, pelatihan serta pengalaman kerja yang relevan dengan standar kompetensi kerja yang akan diujikan. Diharapkan melalui kegiatan acara ini nantinya didapatkan MUK yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh PTUK untuk menghasilkan Asesor Badan Usaha Jasa Konstruksi yang handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami