• Home
  • Pengumuman

Jakarta – Akreditasi merupakan bentuk pengakuan asosiasi yang dilaksanakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Akreditasi dilaksanakan dengan menilai kelayakan asosiasi (Asosiasi Badan Usaha, Asosiasi Profesi, dan Asosiasi terkait Rantai Pasok) memenuhi persyaratan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Maksud dan tujuan akreditasi adalah sebagai berikut;

    A. Menentukan kelayakan asosiasi berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan.
    B. Menjamin kelayakan asosiasi dalam mendirikan LSBU/LSP.
    C. Menjamin kelayakan asosiasi untuk dapat mengusulkan anggotanya sebagai pengurus LPJK.
    D. Memantau dan mengevaluasi kinerja asosiasi badan usaha, asosiasi profesi, dan asosiasi terkait rantai pasok konstruksi yang terakreditasi.
    E. Mendapatkan pengakuan profesionalisme asosiasi pada sektor Jasa Konstruksi Indonesia di tingkat internasional.

Penetapan Akreditasi dilakukan selama 4 bulan sekali dan status akreditasi berlaku selama 4 tahun. Permohonan akreditasi telah dibuka kembali pada tanggal 20 September 2021 hingga 20 November 2021. Berikut jadwal pelaksanaan akreditasi:

    • 20 September – 20 November 2021: Permohonan Akreditasi oleh Asosiasi dan Pemeriksaan Kelengkapan Persyaratan
    • 21 November 2021 – 19 Desember 2021: Verifikasi dan Validasi, Penilaian oleh Tim Pokja, dan Kajian oleh Tim Pengarah
    • 20 Desember 2021: Batas Akhir Penetapan Akreditasi

Selanjutnya seluruh proses permohonan akreditasi dilakukan secara digital melalui laman https://akreditasijakon.pu.go.id/. Untuk dapat melakukan permohonan akreditasi pada laman tersebut, asosiasi wajib melakukan permohonan pendaftaran/pendaftaran ulang akun untuk mendapatkan username dan password. Setelah mendapatkan username dan password, pemohon dapat melakukan login dan mengisi data – data serta dokumen – dokumen yang disyaratkan dalam permohonan akreditasi dan wajib diunggah pada menu – menu yang telah disediakan pada laman tersebut.

Apabila setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen dinyatakan data dan dokumen yang diberikan tidak lengkap, maka pemohon akreditasi hanya diberikan waktu 5 hari kerja untuk melengkapi kekurangan dokumen dan hanya diberikan kesempatan memperbaiki dokumen sebanyak 1 (satu) kali, apabila setelah diberikan kesempatan perbaikan tetap dinyatakan tidak lengkap, maka permohonan tidak dapat dilanjutkan ke proses berikutnya.

Oleh karena itu, pemohon akreditasi harap memperhatikan kelengkapan dokumen persyaratan. Terkait data dan dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan dapat dilihat pada bagian keempat poin 8 – 12 dan untuk penjelasan bagaimana suatu data atau dokumen dinyatakan lengkap dapat dilihat pada bagian kelima poin 10 SE Ketua LPJK No.10 Tahun 2021 tentang Pedoman Teknis Akreditasi Asosiasi Badan Usaha, Asosiasi Profesi, dan Asosiasi Terkait Rantai Pasok Jasa Konstruksi yang dapat diakses pada tautan berikut ini

Untuk memudahkan pemohon asosiasi akreditasi dalam menggunakan aplikasi akreditasi, terdapat petunjuk pendaftaran dan pengisian aplikasi akreditasi yang dapat dilihat melalui tautan berikut:
A. Untuk Asosiasi Badan Usaha, klik disini
B. Untuk Asosiasi Profesi, klik disini
C. Untuk Asosiasi Terkait Rantai Pasok, klik disini

LPJK akan terus berupaya melayani dan mengawal asosiasi – asosiasi yang belum terakreditasi sehingga dapat terakreditasi. Diharapkan setelah terakreditasi asosiasi bisa membentuk LSP yang direkomendasi oleh LPJK dan dilisensi oleh BNSP bagi Asosiasi Profesi Terakreditasi (APT). Sedangkan bagi Asosiasi Badan Usaha Terakreditasi (ABUT) dapat membentuk LSBU yang dilisensi oleh LPJK, karena syarat terbentuknya LSP dan LSBU merupakan asosiasi – asosiasi yang sudah harus terakreditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami