Prosedur Melaporkan Pengaduan Melalui Fitur LAPOR BAPAK

Prosedur Melaporkan Pengaduan Melalui Fitur LAPOR BAPAK

JakartaSetiap masyarakat berhak mendapatkan pelayanan publik yang baik. Sebagai upaya pelibatan masyarakat sehingga pemerintah dapat memberikan fasilitas pelayanan publik dan masyarakat dapat memberikan pengaduan. Untuk itu, LPJK menghadirkan fitur LAPOR BAPAK untuk menjadi saluran pengaduan masyarakat kepada LPJK.

Bagaimana cara melapor yang baik dan benar melalui fitur LAPOR BAPAK?

Pertama – tama, ketahui arti dan fungsi dari pengaduan. Pengaduan merupakan penyampaian keluhan yang disampaikan oleh pengadu (masyarakat) atas pelayanan pelaksana yang tidak sesuai dengan standar pelayanan, atau pengabaian kewajiban dan/atau pelanggaran larangan oleh penyelenggara.

Kedua, pengaduan apa saja yang dapat disampaikan melalui fitur LAPOR BAPAK?

Bedasarkan Permen PU No.323/PRT/M/20025 tentang Tata Cara Penanganan Masukan Masyarakat di Lingkungan Departemen Pekerjaan Umum, hal – hal yang mencakup pengaduan adalah sebagai berikut:

  1. Terkait kinerja pelayanan
  2. Adanya dugaan tindak pidana umum
  3. Adanya dugaan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN)
  4. Permasalahan yang berpotensi menimbulkan kerawanan sosial dan lingkungan
  5. Penyimpangan yang menimbulkan kerugian Negara

Ketiga, bagaimana tahapan dalam layanan pengaduan melalui fitur LAPOR BAPAK?

  1. Tulis laporan dengan menjelaskan keluhan secara lengkap dan jelas pada formulir yang terdapat pada fitur LAPOR BAPAK
  2. Proses verifikasi kelengkapan data diri pemberi pengaduan dalam 1 hari.
  3. Proses tindak lanjut substansi pengaduan selama 4 hari kerja oleh Tim Pengelola.
  4. Pemberi pengaduan akan menerima jawaban atau tanggapan dari LPJK 1 Hari setelah tindak lanjut substansi selesai.

Keempat, bagaimana cara mengakses fitur LAPOR BAPAK?

bagi masyarakat jasa konstrksi yang ingin menggunakan fitur layanan pengaduan Lapor Bapak terdapat 2 (dua) cara;

  • Yang pertama secara langsung; disampaikan secara lisan melalui Bagian Hubungan Masyarakat LPJK di Kantor LPJK
  • Secara tidak langsung; disampaikan melalui fitur pengaduan Lapor Bapak pada website https://lpjk.pu.go.id/lapor-bapak/

Terdapat 2 opsi formulir pengaduan, perhatikan kolom – kolom yang wajib diisi dalam formulir tersebut:

  1. Nama: merupakan nama yang memberikan pengaduan
  2. Telepon: Nomor milik pemberi pengaduan yang dapat dihubungi
  3. NIK: Nomor Induk Kependudukan milik pemberi pengaduan
  4. Instansi: Instansi dari pemberi pengaduan Email: Email pemberi pengaduan. Semua informasi terkait tindak lanjut pengaduan akan disalurkan melalukan email, pastikan anda memasukkan alamat email yang benar dan aktif.
  5. Judul Laporan: Inti dari suatu laporan yang disampaikan
  6. Isi Laporan: Menceritakan kronologis kejadian yang ingin dikeluhkan atau substansi masukan dan saran yang ingin diaspirasikan.

Semua masukan pengaduan akan ditindak lanjuti melalui email dan setiap pengadu akan diberikan nomor tiket untuk meninjauan proses tindak lanjut laporan yang telah disampaikan kepada LPJK melalui fitur LAPOR BAPAK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
×
Selamat Datang ...

Silahkan menghubungi layanan informasi LPJK melalui narahubung kami


Welcome

Please contact LPJK information service through our Hotline Assistant

× Silahkan kontak narahubung kami