• Home
  • Berita Pilihan

Sosialisasi Penyetaraan TKKA Dengan China Association Chamber’s Representative

Sosialisasi Penyetaraan TKKA Dengan China Association Chamber’s Representative

Jakarta – Demi memaksimalkan persiapan pelaksanaan Penyetaraan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Asing (TKKA) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.22 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi. Maka LPJK menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyetaraan Tenaga Kerja Konstruksi Asing dengan China Association Chamber’s Representative pada hari Selasa tanggal 26 April 2022 melalui video conference zoom meeting.

Sosialisasi yang dihadiri oleh para pelaku Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (BUJKA), dibuka oleh Ketua LPJK Taufik Widjoyono, yang mengatakan bahwa sebelum melakukan layanan Jasa Konstruksi TKKA harus melakukan Penyetaraan dan Pencatatan kepada Menteri, dalam hal ini dilakukan oleh LPJK. Proses Penyetaraan dilakukan secara online, mudah, cepat, dan tanpa biaya.

“Perlu kami sampaikan bahwa Jika ketentuan dan peraturan yang ada tidak ditaati, maka akan ada sanksi yang telah diatur dalam PP No.22 Tahun 2020 Pasal 171, 172, dan 173. Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap pelaku layanan Jasa Konstruksi Asing dapat segera mungkin melakukan pencatatan, jika membutuhkan bimbingan, konsultasi, dan sosialisasi lanjutan terkait TKKA, kami siap melayani”. Tutur Taufik Widjoyono.

Pada kesempatan yang sama Koordinator Bidang IV LPJK Tri Widjajanto menyampaikan bahwa proses Penyetaraan ini merupakan suatu kewajiban bagi pelaku pengguna Tenaga Kerja Konstruksi Asing untuk mencatatkan layanan Jasa Konstruksi di Indonesia melalui proses Penyetaraan.

“LPJK selaku penyelenggara siap melayani dan memberikan bimbingan kepada seluruh TKKA yang ingin melakukan Penyetaraan dan Pencatatan. Norma dan Kriteria Subsektor Jasa Konstruksi tertuang dalam PP No. 5 Tahun 2021 yang menyinggung tentang Kantor perwakilan BUJKA harus berbadan hukum di negara asal, BUJKA dan BUJK Penanaman Modal Asing harus memenuhi persyaratan kualifikasi besar, dan Pimpinan tertinggi kantor perwakilan BUJKA dijabat oleh warga negara Indonesia sebagai penanggung jawab teknis”. Ujar Tri Widjajanto.

Pada sesi tanya jawab terdapat beberapa pertanyaan yang masuk dari peserta salah satunya dari BUJKA yaitu China Harbour terkait masa berlaku SBU yang sudah kadaluarsa dan tidak diperpanjang apakah status perusahaanya akan bubar dan bagaimana dengan bisnis bidang lainnya yang non konstruksi. “Jika SBU sudah kadaluarsa maka harus mengunggah SBU yang baru, karena jika masih melakukan pekerjaan pada saat SBU sudah kadaluarsa maka sudah jelas melanggar dan tidak boleh melakukan bisnis Jasa Konstruksi, namun statusnya tidak bubar hanya kadaluarsa saja dan harus diperpanjang. Namun untuk kegiatan bisnis lainnya yang non Konstruksi bisa tetap berjalan”. Jawab Amrullah selaku perwakilan dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Jasa Konstruksi.

Pada akhir kegiatan sekaligus menutup Sosialisasi Penyetaraan Tenaga Kerja Konstruksi Asing dengan China Association Chamber’s Representative, Taufik Widjoyono mengatakan, kami sangat menunggu respon lebih lanjut untuk memberikan masukan terkait dengan Permohonan Penyetaraan. Sekali lagi kami sampaikan bahwa, kami berharap dengan adanya sosialisasi ini seluruh TKKA dapat segera mungkin melakukan Pencatatan dan juga Penyetaraan. Jika ada pertanyaan dan membutuhkan bimbingan harap menghubungi team di LPJK yang secara khusus menangani Penyetaraan Kompetensi Tenaga Kerja Asing.

Ketentuan lebih lanjut terkait tata cara permohonan akun, pengisian data permohonan serta berkas kelengkapan administrasi yang dibutuhkan dalam proses penyetaraan Tenaga Kerja Konstruksi Asing (TKKA) dapat diakses lebih lanjut melalui laman  https://siki.pu.go.id/tkka/ pada menu download pedoman dan panduan teknis PTKKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »