Pembukaan Indo Build Tech Expo oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR


Banten – Pada pelaksanaan pameran di sektor industri building material dan interior “IndoBuidTech Expo” dan Rapat Kerja Nasional Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (GAPENSI), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra memberikan Keynote Speech sekaligus membuka kegiatan tersebut pada hari Rabu 5 Juli 2023 di ICE BSD Tangerang, Banten.

Dalam sambutannya Dirjen Bina Konstruksi menyampaikan event besar IndoBuildTech Expo 2023 dapat menjadi momentum untuk mempertemukan para pelaku pembangunan infrastruktur, tidak hanya pemerintah, tetapi juga para pelaku usaha yang seyogyanya dapat dimanfaatkan untuk mendukung kebangkitan kembali bisnis sektor konstruksi dan industri material kontruksi sebagai bentuk dukungan bagi masyarakat jasa konstruksi dalam pembangunan infrastruktur nasional. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, bahwa pembangunan infrastruktur yang masif menjadi modal Indonesia untuk meningkat menjadi negara maju dan tidak lagi terperangkap sebagai negara berkembang.

“Pemerintah akan terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, mengingat bahwa infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara-negara lain, bisa dilihat dari data statistik BPS bahwa nilai rata-rata di sektor konstruksi terhadap PDB nasional cukup besar yakni 10,6% dan ini merupakan penyumbang PDB terbesar,” ujar Dirjen Bina Konstruksi.

Pembenahan terhadap tata kelola rantai pasok material dan peralatan konstruksi akan terus masif dilakukan oleh Pemerintah terkhusus Kementerian PUPR untuk memastikan ketersediaannya baik dari segi kuantitas dan kualitas. Bapak Rachman Arief menambahkan, “pada saat ini Kementerian PUPR secara masif melaksanakan kegiatan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BWI) yang menjadi  salah satu upaya mendorong pengusaha lokal mendapatkan banyak peluang dari pembangunan infrastruktur nasional.”

“Saya sampaikan bahwasanya penggunaan produk dalam negeri kementerian PUPR sebesar 104,98 Triliun atau 130,44% dari target 80,48 triliun rupiah, ini semua dilakukan demi menggairahkan pengusaha konstruksi lokal untuk lebih banyak memproduksi material dan peralatan yang lebih baik lagi,” kata Bapak Rachman Arief.

Selanjutnya Dirjen Bina Konstruksi pada Rakernas Gapensi 2023 juga turut menyampaikan mengenai Digital Governance yang dimana pada saat ini Pemerintah telah memberlakukan kebijakan digitalisasi dalam proses pengadaan, perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan pengawasan di sektor konstruksi. Ia menambahkan GAPENSI untuk selalu membina seluruh anggota agar terus beradaptasi dengan kebijakan digitalisasi tersebut dan meningkatkan kapasitas dalam menuju sektor jasa konstruksi 4.0.

“Dalam proses adaptasi terhadap digitalisasi sektor jasa konstruksi memang butuh penyesuaian, namun kita harus yakin dan memandang jauh kedepan bahwa perubahan ini akan membawakan hasil yang baik bagi sektor jasa konstruksi,” terang Bapak Rachman Arief.

Diharapkan GAPENSI sebagai mitra Pemerintah diharapkan mampu beradaptasi terhadap perubahan strategis, baik dalam perubahan kebijakan dan peraturan perundangan, maupun perkembangan teknologi dan informasi terbaru. Kolaborasi dan kerja sama antar pemerintah dan swasta harus terus dilakukan untuk membentuk atmosfer sektor konstruksi yang lebih inovatif, maju dan handal.

Pemerintah melalui UU Jasa Konstruksi No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi diberi amanah untuk membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang disebut Sistem Informasi Jasa Konstruksi Terintegrasi (SIJKT). Hal ini sejalan dengan bangsa Indonesia yang saat ini tengah beradaptasi terhadap fenomena perubahan teknologi digital yang berdampak pada semua aktivitas termasuk dalam penyelenggaraan konstruksi, yaitu industrial revolution 4.0.

Diselenggarakannya IndoBuildTech Expo 2023 diharapkan mampu menjadi penguat antar lembaga, mitra serta pihak terkait guna meningkatkan semangat mendorong pemulihan perekonomian nasional. Dengan adanya agenda baru di IndoBuildTech Expo 2023 berupa “IndoBuildTech Awards” juga diharapkan mampu menjadi ajang untuk mempererat business and professional networking antar peserta, yang tentunya dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perkembangan industri terkait building material, interior, properti dan konstruksi Indonesia di masa mendatang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Bapak Taufik Widjojono, Koordinator Bidang II Bapak Agus Gendroyono, Koordinator Bidang VI Bapak Syarif Burhanuddin, Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia Bapak Iskandar Z Hartawi, Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Bapak Nicodemus Daud, Direktur Pengembangan Jasa Konstruksi Indro Bapak Panjta Pramodo serta Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Bapak Samuel Tampubolon.